-->

Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

Konten [Tampil]
Cara membuat blog gratis di platform blogger

Kegiatan blogging di Indonesia ini memang sangat digemari banyak kalangan, mulai dari anak sekolah, kuliahan maupun pekerja. Dengan adanya platform blogger, seseorang dengan mudah mengekspresikan karya mereka melalui gaya penulisan yang berbeda-beda.

Meskipun di Indonesia sudah banyak orang yang Melek Teknologi, ternyata masih ada beberapa persen penduduk Indonesia yang belum begitu faham akan perkembangan teknologi, tak terkecuali dalam hal blogging.

Nah.. bagi teman-teman yang memang masih awam dalam hal blogging, dan masih bingung dalam pembuatan blog, artikel ini sangat tepat untuk dijadikan bahan referensi, karena pada artikel kali ini akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat blog gratis di platform blogger dengan mudah.

Sebelum membuat blog, teman-teman harus memiliki sebuah alamat email (Gmail) yang nantinya akan digunakan untuk pembuatan blog. Bagi yang belum memiliki account gmail diharapkan membuat terlebih dahulu. Jika sudah memiliki account gmail, bisa mengikuti proses pembuatan blog di platforms blogger.com.

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger Untuk Pemula


Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

1. Buka situs Blogger.com


Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah membuka situs resmi blogger di web browser. Untuk situs resminya bisa dilihat di alamat  https://www.blogger.com

Setelah teman-teman masuk ke halaman blogger.com, akan muncul seperti gambar dibawah. Dan untuk membuat blog silahkan klik SIGN IN yang ada di pojok kanan atas homepage. 

Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

2. Login Akun Gmail


Proses selanjutnya, silahkan teman-teman masukkan account gmail masing-masing. Isi email beserta password gmail, selanjutnya klik Masuk. Pastikan, dalam pengisian account terisi dengan benar. 

Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

3. Mulai Membuat Blog


Setelah teman-teman sudah selesai mengikuti poin kedua, selanjutnya akan secara otomatis mengalihkan ke halaman blogger.com. Sampai sini, teman-teman sudah bisa melakukan pembuatan blog baru secara gratis di platforms blogger.

Untuk langkah pembuatan blog baru bisa klik Sub menu Blog baru.. sebelah kiri atas.

Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

4. Isi Judul dan Alamat Blog


Pada poin keempat, silahkan isi Judul beserta Alamat Blog sesuai keinginan teman-teman. Sebagai catatan ! Sebelum membuat blog baru, usahakan mempunyai tujuan dan topik yang jelas. Jika sudah mempunyai tujuan dan topik pilihan yang nantinya akan di jadikan artikel, kedepan nya akan memudahkan teman-teman untuk mengelola blog. 

Sebagai bahan referensi, serta memantapkan keinginan teman-teman untuk memulai terjun ke dunia blogging, tidak ada salahnya jika membaca dan memahami terlebih dahulu Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula yang saya post pada artikel sebelumnya.

Oke, kembali lagi pada pembahasan yang ke empat. Pada saat melakukan pengisian judul dan alamat blog, usahakan yang belum dimiliki oleh blogger-blogger lain dan statusnya masih tersedia. Jika sudah menemukan alamat yang tersedia, silahkan klik Buat blog!

Pada contoh gambar dibawah, saya membuat blog baru dengan judul dan alamat :
  • Judul : Sharing Seputar Blog
  • Alamat : sharingseputarblog.blogspot.com
Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

5. Congratulation!


Selamat, proses membuat blog gratis di platform blogger sudah selesai. Bagaimana menurut teman-teman? sangat mudah dan simpel kan cara pembuatannya?

Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

Untuk proses kelanjutan nya akan saya bahas pada artikel berikutnya. Dan saya akan memberikan tutorial step by step secara details agar teman-teman memahami apa yang sudah saya share pada artikel kali ini.

Pada artikel berikutnya, saya akan menjelaskan bagaimana cara melalukan Pengaturan dan Desain Blog di Blogger. Untuk itu, nantikan artikel berikutnya. Silahkan berlangganan untuk mendapatkan artikel dari blog ini secara langsung via email.

Salam Blogger,
Terima kasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter